04. Customizing File ISO Linux Mint 17.2

Prinsip kerja UCK adalah mengkostumisasi paket/file yang berada di file ISO bukan di OS yang sedang berjalan, sehingga apapun yang ada lakukan di desktop tidak berpengaruh kepada remastering yang diproses UCK. Berikut tahapan kostumisasi yang akan dilakukan :

  • Menambah/Mengurangi Paket Aplikasi
  • Mengganti Background
  • Mengganti icon Start Menu
  • Mengganti Tampilan GDM
  • Mengganti Tema gtk default
  • Mengganti splash screen Plymouth
  • Mengganti Background Grub
  • Mengganti Ubiquity-slideshow

Sebelum masuk ke tahapan kostumisasi, sebaiknya menuntaskan proses pada tahap 2 yaitu melanjutkan proses menjalankan aplikasi uck untuk sampai pada tahap kostumisasi. Setelah menjalankan uck-gui sampai muncul tampilan pada gambar 4. Lalu klik tombol “OK” untuk melanjutkan proses remaster dan akan dilanjutkan ke tahapan pemilihan paket Bahasa pada proses install, seperti gambar dibawah ini.

Gbr.05  Widianto-Memilih Paket Bahasa
Gambar. Memilih paket Bahasa

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan Bahasa yang akan tersedia disaat boot Live CD.

Gbr.06  Widianto-Memilih Paket Bahasa untuk Live CD

Gambar  Memilih Paket Bahasa untuk Live CD

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan Bahasa yang akan terpilih secara default disaat boot Live CD.

kelewat  Widianto-Memilih Paket Bahasa default untuk Live CD

Gambar Memilih Paket Bahasa default untuk Live CD

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan “desktop environments” yang mana settingan ini akan digunakan di CD yang telah di kostumisasi .

Gbr.07  Widianto-Memilih Desktop Environments

Gambar  Memilih “desktop environments”

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan file ISO yang akan di kostumisasi.

Gbr.09  Widianto-Memilih File ISO
Gambar Memilih File ISO

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap kostumisasi nama pada CD dengan panjang karakter maksimal 32 bit.

Gbr.10  Widianto-Kostumisasi nama pada Live CD

Gambar Kostumisasi nama pad CD

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan apakah akan mengkostumisasi paket yang ada di dalam CD secara manual disaat melakukan build ?, pilih ya untuk melakukan kostumisasi.

Gbr.11  Widianto-Kostumisasi paket CD secara ManualGambar Kostumisasi paket CD secara manual

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan apakah akan mendelete seluruh file windows-related di CD?, apabila dalam pertanyaan ini memilih “Ya” maka file di CD tidak terlihat ketika CD di gunakan under OS Windows. Dalam pemilihan ini pilih “No”.

Gbr.12  Widianto-Pemilihan paket windows-related

Gambar 11. Pemilihan paket Windows-related

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap pemilihan apakah anda ingin meng-generate image hybrid ?, Dalam pertanyaan ini pilih “yes”.

Gbr.13  Widianto-Pemilihan Generate image hybrid

Gambar Pemilihan generate image hybrid

Untuk melanjutkan proses remaster klik tombol “OK”, dan akan dilanjutkan ke tahap “Ready to build” tekan tombol “OK” untuk melanjutkan remaster

Gbr.14  Widianto-Ready to BuildGambar  Ready to Build

Setelah mengklik ok maka tampilan akan kembali ke terminal dengan muncul text untuk mengisi password sudo, tahapan ini adalah privilege menggunakan user root, karena uck pada tahap ini harus menggunakan user root. Pada tahap ini system akan memproses ISO file setelah selesai akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Gbr.14  Widianto-Pilihan KonstumisasiGambar Pilihan kostumisasi

Pada tahapan ini anda akan diberi dua pilihan, untuk mengkostumisasi file ISO pilih “Run console application”, apabila memilih “Continue building” maka akan di build ISO baru tanpa mengkostumisasi. Untuk melanjut kostumisasi maka pilih “Run console application” dan klik tombol “OK”.
Setelah mengklik tombol “OK” maka akan muncul terminal baru, dan pada tahap ini anda mulai memasuki 9 tahap kostumisasi.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *