01. Perkenalan Tentang Remastering

Introduksi

Remaster adalah salah satu bentuk pengembangan dari distro yang sudah ada menjadi distro yang baru, alasan pengembangan adalah untuk menambah atau mengurangi paket default dari distro yang sudah ada agar distro yang baru lebih lengkap sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, selain menambah atau mengurangi paket, remaster juga dapat mendesign ulang tampilan Distro sehingga tampilan lebih menarik.

Analogi

Analogi Remaster - Widianto

Sebuah analogi yang mudah dipahami mengenai remaster adalah Misal kita mempunyai sebuah rumah yang sederhana, dan kita ingin membuat rumah tersebut didesain kembali agar menjadi lebih indah dari yang sebelumnya, yang demikian itu adalah contoh dari remastering. Jadi jika diartikan, remastering linux yaitu suatu proses membuat ulang suatu master atau distro linux dan mendesain-nya kembali sesuai kebutuhan kita.

Tentang UCK

UCK adalah sebuah paket yang disediakan UBUNTU untuk membantu menyesuaikan (customizing) Ubuntu Live CD (termasuk Kubuntu / Xubuntu dan Ubuntu) dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menambah atau mengurangi paket apapun ke Live System (Live CD).

Selain UCK, Linux juga menyediakan paket aplikasi lain dalam melakukan remastering, seperti :

  1. Remastersys
  2. Reconstructor
  3. Revisor
  4. Mklive CD
  5. Live Script

Konsep Remastering menggunakan UCK

UCK merupakan kumpulan script yang dibuat untuk memodifikasi ISO image Ubuntu dan turunan nya, secara mudah UCK bisa disebut juga sebagai otomatisasi dari tools-tools (squash,mkisofs,dkk) remaster yang biasanya digunakan untuk memodifikasi Ubuntu image secara manual.

Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa kita memodifikasi ISO image bukan filesystem OS, dengan memodifikasi ISO image maka kita harus paham letak file yang akan dirubah, kita harus paham paket apa saja yang akan dirubah juga kita harus paham letak tema dan icon untuk merubah tampilan.

Pe-Remaster dalam melakukan remastering menggunakan UCK akan disuguhkan Terminal bukan GUI sehingga anda harus menguasai CLI.

Skill Required

  • Memahami Perintah Dasar Linux
  • Dapat menggunakan Linux Mint Desktop
  • Memahami Operasi File dan Struktur Direktori Linux
  • Memahami Cara Konfigurasi Network
  • Dapat menggunakan aplikasi winscp dan ssh
  • Memahami konfigurasi BIOS
  • Memahami Konsep membuat bootable USB

Kebutuhan System

Kebutuhan Sistem untuk melakukan remastering tidak memerlukan resource yang besar, Seperti RAM, CPU dan besaran hardisk tidak memerlukan spesifikasi atau quota hardisk yang besar. Untuk RAM minimal 2 GB dan besaran hardisk minimal 20GB.

Linux Mint 17.2 - WidiantoOS (Sistem Operasi) yang digunakan dalam remastering menggunakan Live CD LinuxMint ver 17.2 (Rafaela) dapat di unduh langsung dari internet,

kemudian di burning ke dalam Flashdisk, besaran ISO Live CD LinuxMint ver 17.2 adalah kurang dari 2 GB.

 

uck - widianto

Untuk Aplikasi yang dibutuhkan dalam remastersing selain Live CD LinuxMint dan UCK adalah Plymouth dan beberapa aplikasi custom, Plymouth adalah sebuah tema (themes) untuk mengkustom tampilan disaat OS melakukan booting awal dan disaat OS melakukan restarting/Shutdown.

winscpSelain kebutuhan diatas, anda sebaiknya menginstall aplikasi WinSCP, aplikasi ini diperlukan untuk mendownload atau mengupload file dari PC/Laptop ke Linux Mint.

Winscp sendiri dapat anda download secara gratis, dengan menulis “winscp download” di mesin pencarian google anda dapat mendownloadnya.

 

internet-widiantpSelain kebutuhan hardware dan software juga dibutuhkan koneksi internet, tanpa koneksi internet dalam tahap menambah/install paket ini tidak bisa dilakukan karena dalam menambah/install paket memerlukan koneksi internet.

Dengan memiliki koneksi yang kencang dapat mempercepat proses instalasi.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *